Sejarah Singkat
Sejarah Singkat Berdirinya Madrasah Ibtidaiyah
TARBIYATUT THOLABAH
Kranji Paciran Lamongan
I. Letak Geografis Desa Kranji
Kranji merupakan sebuah desa yang terletak di sebelah selatan garis katulistiwa, di pesisir pantai utara (pantura) yang tepatnya berada di Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan dan Propinsi Jawa Timur.
Iklim di desa ini adalah beriklim tropis. adapun pekerjaan sehari-hari dari masyarakatnya adalah nelayan dan sebagian kecil tani serta berdagang.
II. Pra Berdirinya MI
Sebelum madrasah ini berdiri, terlebih dahulu berdirilah sebuah pondok pesantren pada tahun 1898 yang di dirikan oleh ulama’ yang cukup terkenal yaitu KH. Musthofa bin KH. Abdul Karim, beliau di lahirkan di Desa Tebuwung Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. dari ayahnya beliau masih ada keturunan darah dari Raden Qosim Sunan Drajad sedangkan dari ibunya, beliau masih ada keturunan darah dari Raden Jaka Tingkir dan Raden Ainul Yaqin Sunan Giri.
Saat ini Pondok Pesantren telah menjadi sebuah Yayasan yang berbadan hukum dan berakte notaries yaitu Rohajah Hanum, SH, Nomor 7/1989 Lamongan yang melindungi beberapa lembaga di dalamnya yaitu :
1. Taman Kanak-kanak Muslimat NU Tarbiyatut Tholabah
2. Taman Pendidikan Al-Qur’an Tarbiyatut Tholabah
3. Madrasah Diniyah Tarbiyatut Tholabah
4. Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatut Tholabah
5. Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatut Tholabah
6. Madrasah Aliyah Tarbiyatut Tholabah
7. Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Drajad
8. Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholabah
III. Berdirinya MI Tarbiyatut Tholabah Kranji
Karena tuntutan zaman dan masyarakat yang semakin maju pada waktu itu maka keluarga pondok pesantren beserta para pengurus dan tokoh masyarakat bersepakat untuk membuat pertemuan guna membahas tentang kemajuan madrasah ke depan, maka mulai tahun 1946 MI Tarbiyatut Tholabah di dirikan oleh Al-Ustadz Moh Ali bin Thoyyib (cucu mbah Musthofa dari putra Mariyam binti Musthofa)
Dan pada tahun 1948 tepatnya tanggal 1 agustus 1948 berdirilah secara resmi Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatut Tholabah secara formal klasikal yang di prakarsai oleh Al-Ustadz Moh. Ali bin Thoyyib. Mulai saat inilah murid madrasah di system klasikal dan yang ada saat itu baru kelas I,II dan III, dan baru mulai tahun 1957 ada kelas IV dan lengkaplah sudah jenjang pendidikan sampai kelas VI pada tahun 1959.
IV. Periode Kepemimpinan Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatut Tholabah Kranji
1. Tahun 1946 - 1952 : Al-Ustadz Moh ali thoyyib
2. Tahun 1952 – 1955 : Al- Ustadz Abd. Wabbab Adelan
3. Tahun 1958 – 1962 : Al- Ustadz Moh Baqir Adelan
4. Tahun 1963 – 1968 : Al- Ustadz Ahmad Thohir Adelan
5. Tahun 1969 – 1977 : Al- Ustadz Moh Thoha Thoyyib
6. Tahun 1978 – 1990 : Al- Ustadz Musthofa Abdurrohman
7. Tahun 1990 – 2005 : Al- Ustadz H. Ach.Sjafi’ Ali A.Ma
8. Tahun 2005 : Al- Ustadz Ah. Fadlol S.Ag (PJS Kepala)
9. Tahun 2005 – 2008 : Al- Ustadz Atmono S.Ag
10. Tahun 2008 – sekarang : Al- Ustadz Mudzakkir Ikrom S.Ag
PROFIL
MI TARBIYATUT THOLABAH
KRANJI PACIRAN LAMONGAN
A. NAMA DAN ALAMAT :
1. Nama Madrasah : Madrasah Ibtidaiyah “Tarbiyatut Tholabah”
2. Alamat : Jln KH. Musthofa Pon. Pes. Tarbiyatut Tholabah
Desa Kranji Kecamatan Paciran Kabupaten
Lamongan Propinsi Jawa Timur
Kode Pos : 62264
3. Telephon : (0322) 666021
B. PENDIRI DAN TAHUN BERDIRI :
1. Pendiri madrasah : Al Ustadz H. Moh. Ali Thoyyib
2. Tahun Berdiri : 1948
C. NSM, NIS DAN STATUS :
1. NSM : 112352422392
2. NIS : 113920
3. Status : 1. TERDAFTAR Tahun 1993
SK No. Mm. 21/06.00/PP.03.2/124/1993
Tanggal 23 April 1993
2. DIAKUI Tahun 1995
SK No. Mm. 21/06.00/PP.03.2/0104/1995
Tanggal 12 Januari 1995
3. DISAMAKAN Tahun 1999
SK No. Mm.21/06.00/PP.03.2/2800/1999
Tanggal 06 Desember 1999
4. TERAKREDITASI- A
SK No. A/Kw 13.4/mi/712/2005
Tanggal 29 April 2005
D. NAMA YAYASAN DAN KEPALA MADRASAH :
1. Nama Yayasan : Yayasan Tarbiyatut Tholabah
2. Ketua Yayasan : Drs. FATHUR ROHMAN
3. Ketua Majelis Madrasah : Drs. H. Moh. Thoha Thoyyib
4. Kepala Madrasah : Mudzakkir Ikrom, S.Ag
( 3 )
A. JUMLAH SISWA DALAM 4 TAHUN TERAKHIR
Kelas 2006/2007 2007/2008 2008/2009 2009/2010 Ket.
L P L P L P L P
I 31 26 21 24 33 34 27 28
II 38 37 29 26 20 26 34 34
III 30 30 38 37 30 29 19 27
IV 38 37 29 30 40 37 30 26
V 36 37 36 28 31 29 38 37
VI 32 28 33 30 37 28 30 29
Jumlah 205 195 186 175 191 183 178 181
Jml Slrh 400 361 374 359
F. DATA RUANG KELAS
Kelas I : 2 Ruang
Kelas II : 2 Ruang
Kelas III : 2 Ruang
Kelas IV : 2 Ruang
Kelas V : 2 Ruang
Kelas VI : 2 Ruang
G. GURU
a. Jumlah Guru : 25 Orang
b. Tata Usaha : 2 Orang
c. Cleaning Service : 1 Orang
d. Koperasi : 1 Orang
H. FASILITAS PENUNJANG
a. Perpustakaan : 1 Ruang
b. Lab. Computer : 1 Ruang
c. Sanggar Pramuka : 1 Ruang
d. Kantor Guru : 1 Ruang
e. Kantor Persis : 1 Ruang
f. Koprasi : 1 Ruang
g. Musholla : 1 Ruang
h. UKS : 1 Ruang
i. Aula : 1 Ruang
( 4 )
Up Ribbon: VISI Menciptakan anak yang bertaqwa, berakhlaqul karimah dan berkualitas intelektual
MISI
@ Menyeleggarakan pendidikan dan pengajaran dengan menjaga
Keseimbangan antara ilmu agama dan umum
@ Mengembangkan potensi akademik siswa
@ Menumbuhkembangkan penghayatan dan pengamalan
ajaran islam secara kaffah
@ Menumbuhkan,mengembangkan dan mengarahkan minat, bakat
serta keterampilan siswa
@ Menciptakan madrasah professional
TUJUAN
@ Terebentuknya siswa yang taat beribadah dan gemar
beramal sholeh
@ Menciptakan kebiasaan hidup berakhlaqul karimah dan disiplin
@ Menumbuhkan dan mengembangkan minat, bakat serta
ketrampilan siswa sejak dini
@ Mempersiapkan siswa secara maksimal untuk melanjutkan
jejang pendidikan yang lebih tinggi
@ Mewujudkan sytem menejerial madrasah yang profesional
Garis-garis Besar Haluan MI Tabah
Untuk memudahkan didalam penjabaran Visi dan Misi MI Tarbiyatut Tholabah, maka kami kenalkan dua istilah penting yaitu :
PROGRAM
JANGKA PANJANG (5 Th)
@ Mewujudkan madrasah teladan
@ Mewujudkan madrasah sebagai pusdiklat pengembangan pendidikan Islam
JANGKA PENDEK (0 ~ 3 Th)
@ Meningkatkan kualitas, efektifitas dan efesiensi kurikulum madrasah
@ Mengutamakan terapan langsung dalam pembentukan siswa yang berakhlaqul
karimah dengan membuat program-program pengembangan.
@ Meningkatkan profesionalisme, kinerja dan kesejahtraan tenaga pendidik dan
karyawan.
@ Melengkapi sarana dan prasarana madrasah.
@ Menjalin komunikasi yang intensif dengan siswa, wali murid, masyarakat luas,
lembaga pendidikan lain dan instansi terkait.
@ Mengupayakan dana pendukung untuk pengembangan program-program madrasah
( 6 )
STRUKTUR ORGANISASI
MI TARBIYATUT THOLABAH KRANJI
Keterangan :
…………... :